
Pengembangan Media Video Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 5 Subtema 1 Siswa Kelas VI SDN 021 Tarakan
Pengarang : Safariyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media video interaktif ditinjau dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, serta ditinjau dari angket respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu, lembar validasi dan angket respon siswa. Penelitian ini dilakukan kelas VI SDN 021 Tarakan. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 80% dengan kategori layak, ditinjau dari tujuan materi dan pembelajaran dengan keakuratan dari contoh yang sesuai dengan kenyataan dan efesien untuk pemahaman bagi peserta didik serta penyajian media pembelajaran video interaktif melibatkan siswa, hasil validasi ahli media sebesar 84% dengan kategori sangat layak, ditinjau dari ketepatan tema dalam media pembelajaran video interaktif dan kemampuan media pembelajaran video interaktif untuk mencapai rasa senang siswa. Dan hasil validasi ahli bahasa sebesar 88% dengan kategori sangat layak, ditinjau dari ketepatan kaidah bahasa serta penyampaian pesan mudah dipahami dan ketepatan pemahaman pesan dan informasi. Selanjutnya hasil respon siswa uji coba terbatas sebesar 92% dengan kategori sangat menarik, ditinjau dari penggunaan media video interaktif yang membuat siswa merasa senang sehingga siswa dapat membangun pengetahuan. Dan hasil respon siswa uji coba lapangan sebesar 95,82% dengan kategori sangat menarik, ditinjau dari penggunaan media video interaktif yang membuat siswa tertarik untuk belajar dan memahami materi pembelajaran.Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Maka media video interaktif dinyatakan layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Interaktif, Tematik
Thematic learning is a type of integrated learning that uses themes to connect many subjects so that students can have meaningful learning experiences. This study sought to determine how the viability of interactive media content was assessed using student survey responses as well as the validation of subject matter experts, media experts, and linguists. The research used Development or Research and Development (R&D) design referring to the ADDIE development model which consisted of five stages of research, namely, Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Validation sheets and student response surveys served as the data gathering tools. This research was conducted in class VI SDN 021 Tarakan. The validation results from the subject matter experts were 80% with a suitable category, reviewed from the material's learning objectives and the accuracy of examples that were realistic and effective for students to understand. The validation results from the media experts were 84% with a very suitable category, reviewed from the theme in the interactive video learning media and the ability of the interactive video learning media to achieve students' happiness. The results of the validation of linguists were 88% with a very suitable category, viewed from the accuracy of language rules and the delivery of easy-to-understand messages and the accuracy of understanding messages and information. Additionally, the restricted trial students' responses had a 92% response rate with a very intriguing category, as seen through the utilization of interactive video media that made students happy so that they could learn. The response of the students in the field trial was 95.82% with a very interesting category, viewed from the use of interactive video media that made students interested in learning and understanding the learning material. So, interactive video media was declared feasible and interesting to be used in the learning process. Keywords: Development, Learning Media, Interactive Video, Thematic