
Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SDN 049 Tarakan Pada Masa Pandemi Covid -19
Pengarang : NURBAITI - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peranan yang penting terhadap kinerja guru. Kinerja guru dapat maksimal apabila kepala sekolah mampu mengarahkan dan menggerakkan guru dalam meningkatkan kinerjanya, maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SDN 049 Tarakan pada Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) sebagai leader kepala sekolah bertanggungjawab dalam mengarahkan, memberikan ide serta masukan kemudian kepala sekolah mengawasi dan melakukan kontrol terhadap kinerja guru dimasa pandemi melalui supervisi yaitu dengan perangkat pembelajaran. (2) sebagai manager kepala sekolah memfasilitasi, mengingatkan dan memberikan kesempatan kepada guru dalam mengikuti pelatihan namun, kepala sekolah kurang dalam memberikan tugas untuk mengikuti pelatihan kepada guru. Kepala sekolah juga merencakan program mengimplementasikan kurikulum mandiri belajar, dan aktif dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja guru di masa pandemi. (3) sebagai inovator kepala mengembangkan model pembelajaran inovatif kontekstual dengan belajar dari alam untuk menghubungkan materi dengan lingkungan sekitar sekolah.
Kata Kunci: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Pandemi Covid-19
Principal leadership has an important role in teacher performance. The teacher can perform best if the principal can guide teachers to improve their performance. This research described the role of principal school leadership in teacher performance at State Elementary School 049 Tarakan during the COVID-19 pandemic. This type of research was descriptive qualitative research. The data was taken from primary and secondary data sources such as school principals, school supervisors, and teachers. Research instruments were observation sheets, interviews, and documentation. This technique of data analysis of qualitative data through a process of reducing data, presenting data and drawing conclusions. Research results showed that; 1) the leader of the school principal is responsible for directing, giving ideas and input, and then the school principal supervises and controls the performance of teachers in the pandemic through this supervision of the learning tool, 2) the school manager, facilitator, warning, and providing opportunities for teachers to follow the training. In addition, however, the principal needed to have the task of providing training to teachers. The principal also planned a program to implement a self-study curriculum and actively evaluate teachers' performance during the pandemic, 3) as innovators to develop an innovative contextual learning model by connecting learning sources around the school environment. Keywords: Role Of Principal Leadership, Teacher's Performance, Pandemic Covid-19