
Peran Guru Kelas I Dalam Upaya Penanaman Nilai Moral Peserta Didik Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease-19 Di SDN 017 Tanjung Palas
Pengarang : Dendi Irawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini berfokus pada Peran Guru Kelas I Dalam Upaya Penanaman Nilai Moral Peserta Didik Kelas I SDN 017 Tanjung Palas Di Masa Pandemi Corona Virus Disease-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan memilih lokasi penelitian di SDN 017 Tanjung Palas Kabupaten Bulungan. Informan penelitian adalah guru kelas, siswa dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Proses analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN 017 Tanjung Palas telah menjalankan perannya (1) sebagai pengelola kelas, yaitu Guru Kelas I di SDN 017 Tanjung Palas telah mampu dalam mengelola kelas dengan baik dalam menanamkan nilai moral kepada peserta didiknya. (2) sebagai fasilitator, guru mampu menjalankan perannya sebagai fasilitator dimana beliau dalam setiap mengajar selalu menggabungkan nilai-nilai moral dalam setiap materi yang diberikan kepada peserta didik. (3) sebagai motivator, ditemukan beberapa aspek yang mendukung peran guru sebagai motivator, seperti ; guru mampu menjelaskan tujuan pembelajaran dengan baik dan jelas, memberikan sedikit hadiah kepada siswa yang bertujuan untuk membangkitkan semangat peserta didik, dan memberikan dorongan moral bagi seluruh peserta didik agar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. (4) sebagai demonstrator, Guru Kelas I SDN 017 Tanjung Palas mampu menampilkan dan menyampaikan ilmu pengetahuan secara menarik dan mudah dicerna sehingga dapat diterima oleh peserta didik kelas I dengan baik. (5) sebagai mediator, Peran guru sebagai mediator dapat diartikan sebagai penengah dalam kegiatan belajar peserta didik, misalnya menengahi atau memberikan jalan keluar dalam kegiatan diskusi peserta didik. (6) sebagai evaluator, peran guru Kelas I SDN 017 Tanjung Palas sebagai evaluator telah melakukan perannya dengan sangat baik. Hal itu telah dicantumkan dalam pokok pembahasan yang peniliti peroleh melalui wawancara maupun observasi secara langsung.
Kata Kunci: Peran Guru, Upaya Penanaman Nilai Moral Peserta Didik
This research focused On the Role of teacher at first grade to Instill the Moral Values Of Grade I Students of SDN 017 Tanjung Palas During the Corona Virus Disease-19 Pandemic. This Study used a descriptive qualitative method by Choosing a research location at SDN 017 Tanjung Palas, Bulungan Regency. Research informants were classroom teachers, students and parents Of students. The data collection techniques used interviews, observations and documentation methods. The process of data analysis was data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the teachers of SDN 017 Tanjung Palas had carried out their roles (l) as class managers, namely the Class I teacher at SDN 017 Tanjung Palas had been able to manage the class well in instilling moral values in their students. (2) As a facilitator, the teacher was able to carry out their role as a facilitator where they always combine moral values in every material given to students. (3) as a motivator, several aspects were found that support the role of the teacher as a motivator, such as; the teacher was able to explain the learning Objectives well and clearly, giving a small gift to the students aimed at raising the enthusiasm Of the learners, and provide a morale boost for all learners to have a high curiosity. 4) As a demonstrator, Class I teachers of SDN 017 Tanjung Palas were able to display and convey knowledge in an interesting and easily digestible manner so that they can be accepted by class I students Well. (5) As a mediator, the role of the teacher as a mediator can be interpreted as an intermediary in the learning activities of students, For example, mediating or providing a way out in student discussion activities. (6) As an evaluator, the role Of a Grade I teacher at SDN 017 Tanjung Palas as an evaluator has performed its role very well. It had been included in the subject matter that the investigator obtained through interviews and direct observations. Keywords: The Role of Teachers, Efforts to Instill Moral Values to Students