Hubungan Big Five Personality Dengan Kecemasan Belajar Siswa Kelas VI Di SD N 037 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Big Five Personality Dengan Kecemasan Belajar Siswa Kelas VI Di SD N 037 Tarakan

Hubungan Big Five Personality Dengan Kecemasan Belajar Siswa Kelas VI Di SD N 037 Tarakan

Pengarang : Sonia Aprilya Kusuma Wati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada Hubungan Big Five Personality dengan Kecemasan Belajar Siswa Kelas VI di SDN 037 Tarakan. Kepribadian merupakan dasar munculnya perilaku individu dari dalam dan pengalaman. Dinamika kepribadian dan perkembangan dalam Big Five Personality yaitu, Neuroticism, Extraversion, Openness to Experience, Agreeableness, Conscientiousness. Kecemasan belajar adalah perasaan cemas saat seseorang belajar yang timbul karena adanya tekanan dan ketidakmampuan menghadapi masalah. Kecemasan siswa dalam belajar dicirikan dengan kegelisahan, kekhawatiran, ketakutan yang tidak mendasar bahwa akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Teknik pengambilan data menggunakan skala big five personality dan skala kecemasan belajar. Diketahui dari hasil uji korelasi per variabel terdapat hubungan adalah dimensi (openness to experience (O) dan conscientiousness (C)) dengan kecemasan belajar siswa kelas VI di SD N 037 Tarakan, karena dari hasil hitung (opennes to exprience) ke y sebesar 0,352 > 0,250, demikian nilai r hitung > r tabel maka, di simpulkan variabel openness to experience dan y memiliki hubungan pada tingkat hubungan rendah. Pada (conscientiousness) ke y sebesar 0,431 > 0,250, demikian nilai nilai r hitung > r tabel, dapat di simpulkan bahwa variabel conscientiousnes dan y memiliki hubungan pada tingkat hubungan sedang. Secara kesluruhan dari uji korelasi big five personality dengan kecemasan belajar yaitu pada variabel x ke y sebesar 0,247 < 0,250 , dengan demikian nilai r hitung < r maka dapat di simpulkan bahwa variabel x dan y tidak memiliki hubungan karena memiliki nilai interval koefisien sangat rendah.

Kata Kunci: Big Five Personality, Kecemasan Belajar

This study aimed to determine whether there was a relationship between Big Five Personality and Learning Anxiety in Grade VI Students at SDN 037 Tarakan. Personality is the basis for the emergence of individual behavior from internal and experience. Personality dynamics and development in the Big Five Personality are Neuroticism, Extraversion, Openness to Experience, Agreeableness, and Conscientiousness. Learning anxiety is a feeling anxious when someone learns. This feeling appears because of pressure and an inability to deal with problems. Student anxiety in learning is characterized by restlessness, worry, and unfounded fear that unwanted things will happen. The research used is quantitative research with a correlation approach. The data collection technique used the big-five personalities and the learning anxiety scale. From the results of the correlation test per variable, it was known that there was a relationship between the dimensions. (openness to experience (O) and conscientiousness (C)) with the learning anxiety of class VI students at SD N 037 Tarakan. The result from the openness to experience test, the y is 0.352> 0.250, and then the value of r count > r table, so it can be concluded that the variables openness to experience and variable y had a relationship at a low level. At (conscientiousness) to y of 0.431 0.250, thus the value of r count>r table, it can be concluded that the conscientiousness and y variables have a relationship at a moderate level. Overall, from the big five personality correlation test with learning anxiety, the x to y variable of 0.247

Detail Informasi