Penerapan Home Visit Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Kasus Di SDN 037 Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Home Visit Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Kasus Di SDN 037 Tarakan)

Penerapan Home Visit Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Kasus Di SDN 037 Tarakan)

Pengarang : Nur Qayyumi Yuniaty - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui “Penerapan Home Visit Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa”. Jenis dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas VI-A yang memiliki tanggung jawab terhadap siswa dalam pelaksanaan home visit. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data primer penelitian ini yaitu, 2 orang siswa yang mengikuti layanan home visit, dan guru kelas VI-A. Sumber data sekunder penelitian ini yaitu, orang tua, kepala sekolah dan dokumen berkas yang menunjang dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan home visit untuk meningkatkan minat belajar siswa yang dilakukan oleh guru kelas VI-A di SD Negeri 037 Tarakan terlaksana dengan cukup efektif. Guru kelas VI-A melaksanakan layanan home visit sesuai Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (POP BK SD) dengan beberapa tahapan yang terdiri tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap mengakhiri kunjungan rumah dan tahap pelaporan kunjungan rumah. Pada tahap persiapan terlebih dahulu guru kelas menganalisa dan menfokuskan permasalahan yang dialami oleh siswa. Selanjutnya, guru kelas melakukan komunikasi dengan orangtua siswa terkait rencana pelaksanaan home visit. Adapun guru kelas menyiapkan surat tugas yang didapatkan dari kepala sekolah. Pada tahap pelaksanaan guru kelas menemui orangtua untuk membahas permasalahan yang dialami oleh siswa. Pada tahap mengakhiri kunjungan rumah, guru kelas bersama orang tua melakukan diskusi terkait permasalahan minat belajar siswa yang harus diselesaikan selama pelaksanaan home visit. Pada tahap pelaporan kunjungan rumah guru kelas menyampaikan hasil pelaksanaan kepada kepala sekolah secara verbal.

Kata Kunci: Home Visit, Minat Belajar

This study aims to examine "Home Visit Implementation to Increase Students' Learning Interest". The type of this research was qualitative. The research subject I was the class VI-A teacher who had responsibility for the students during home visiting. In this study, the data sources consisted of primary and secondary data. The primary data sources were 2 students participating in the home visiting service and the class VI-A teacher. The secondary data sources were the parents, the school principal and supporting documents for this study. Interviews, observation, and documentation were employed as the techniques of data collection. The data analysis techniques were data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research results showed that the home visiting services, implemented by the class VI-A teacher at SD Negeri 037 Tarakan, was conducted effectively to increase students' learning interest. The class VI-A teacher conducted home visiting services in accordance with the Operational Guidelines for Elementary School Guidance and Counseling (POP BK SD) with several stages consisting of the preparation stage, the implementation stage, the ending stage of home visit and the reporting stage of home visit. In the preparation stage, the class teacher analysed and focused on the problems experienced by students. Then, the class teacher communicated with the students' parents regarding the plan for conducting home visits. The class teacher had to obtain an assignment letter from the school principal. At the implementation stage, the class teacher met the parents to discuss the problems experienced by students. At the ending stage of home visit, the class teacher and parents held discussions regarding the problems of students' learning interest that had to be resolved during the home visit. At the reporting stage of the home visit, the class teacher reported the results of the home visit implementation to the school principal. Keywords: Home Visit, Learning Interest

Detail Informasi