
Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Sebatik Utara
Pengarang : Masnidar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dan menganalisis faktor eksternal yang mempengaruhi pada pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah kombinasi (mixed methods). Penelitian kombinasi menggunakan jenis desain sequential explanatory designs. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Pengambilan sampel pada penelitian dengan menggunakan teknik Sampling Sekuensial. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu teknik analisis data kuantitatid dan analisis data kualitatif, hasil diperoleh dari minat belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas VII menunjukkan bahwa nilai keseluruhan dari 4 kategori yaitu 4 siswa yang sangat berminat, 107 siswa yang berminat, 69 siswa yang tidak berminat, dan 0 siswa yang sangat tidak berminat, dan faktor yang mempengaruhi dalam peminatan belajar siswa pada pembelajaran IPA adalah a) Hubungan guru dengan siswa, b) Disiplin sekolah, c) Keadaan gedung sekolah, dan d) Alat pembelajaran. Sementara, faktor yang mempengaruhi ketidak minatan belajar siswa pada pembelajaran IPA adalah a) Metode pembelajaran. Ke-5 faktor tersebut harus dioptimalkan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, Faktor Eksternal Pada Pelajaran IPA
The purpose of this study was to determine students' interest in learning and to investigate what external factors influence learning science in class Vll SMP Negeri 1 Sebatik Utara. The research method used was a hybrid (mixed methods). The combination research employed was sequential explanatory designs. The participants in this study were students from class VII of SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Sequential sampling was used in the research. The results of the combined data analysis (mixed methods) obtained from students' learning interest in science lessons in class Vll showed that the overall scores of the 4 categories, 4 students were very interested, 107 students were interested, 69 students were not interested, and 0 students were very uninterested. The students' interest in learning science was affected by a) teacher-student relationships, b) school discipline, c) the condition of school buildings, and d) learning tools. Meanwhile, the factors that influenced students' disinterest in learning science were a) Learning methods. These 5 factors must be optimized to increase students' interest in learning science. Keywords: Students' Learning Interest, External Factors in Science Lessons