Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Dengan Media Kupon Bicara Di Kelas VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Dengan Media Kupon Bicara Di Kelas VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Dengan Media Kupon Bicara Di Kelas VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara

Pengarang : Amriani Shafitri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa menggunakan model pembelajaran koopertif tipe time token dengan media kupon bicara di kelas VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas/PTK, penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan juga bantuan guru Bahasa Indonesia kelas VII E. Terdapat empat aspek dalam keterampilan berbahasa yaitu, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pada penelitian ini terfokus pada meningkatkan keterampilan berbicara siswa, penilaian keterampilan berbicara dalam penelitian ini yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Adapun sumber data dalam penelitian ini dihasilkan dari narasumber yaitu guru Bahasa Indonesia kelas VII E, dan hasil pengamatan selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan media kupon bicara, serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, yang dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 56,2 dengan persentase ketuntasan sebesar 42%, dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,8 dengan persentase sebesar 88%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan media kupon bicara dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII E di SMP Negeri 1 Sebatik Utara.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Kooperatif, Time Token, Kupon Bicara

This study aimed to improve student speaking skills by using a time token type of cooperative learning model with speech coupon media in grade VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara. This research was a class action research, it was conducted by researcher and it was also helped by the teachers of Bahasa Indonesia at class VIIE. There were four aspects in language skills, namely, listening, speaking, reading, and writing. This study focused on improving students' speaking skills, the assessment of speaking skills in this study was cognitive, affective, and psychomotor aspects. The data sources in this study were generated from resource persons, namely teachers of Bahasa Indonesia of class VII-E. The results of observations during the learning process by applying a time token type of cooperative learning model with speech coupon media, as well as documentation. The data collection techniques used interviews, observations, and tests. This research was carried out for two cycles, where each cycle consisted of four activities, namely planning, action, observation, and reflection. Based on the results of the study, the average score of student learning outcomes in the first cycle was 56.2 with a percentage of completion of 42% and there was an increase in cycle Il with an average score of 80.8 with a percentage of 88%. Thus, it can be stated that the use of a time token type of cooperative learning model with speech coupon media can improve the student speaking skills of grade VII-E at SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Keywords: Speaking Skills, Cooperative, Time Token, Speech Coupon.

Detail Informasi