Konsistensi Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan Dalam Menjawab Soal Matematika Pada Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Konsistensi Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan Dalam Menjawab Soal Matematika Pada Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022

Konsistensi Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan Dalam Menjawab Soal Matematika Pada Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022

Pengarang : Nursela Apiqa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis pola respon siswa kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan dalam menjawab soal PAS ganjil matematika tahun ajaran 2021/2022, 2) mengestimasi parameter butir tes PAS ganjil matematika kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan tahun ajaran 2021/2022, dan 3) mendeskripsikan konsistensi siswa kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan dalam menjawab soal PAS ganjil matematika tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah dokumen respon siswa SMA Hang Tuah Tarakan dalam menjawab soal matematika pada Penilaian Akhir Semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 194 siswa. Semua butir soal dijawab oleh siswa, sehingga tidak data yang hilang karena siswa tidak menjawab soal. Respon siswa dianalisis dengan menggunakan model 2-PL (Parameter Logistik) dengan bantuan program R. Tingkat kesukaran butir terletak diantara -10,266180 sampai 1,44538246. dan indeks daya beda butir-0,9463808 sampai 2,4760768. Estimasi kemampuan siswa sebagian besar berada pada kategori sedang dengan interval 1≤θ≤ 1. Berdasarkan parameter butir dan kemampuan siswa, diperoleh sebanyak 132 siswa konsisten dalam menjawab soal dan sebanyak 62 siswa tidak konsisten dalam menjawab soal, artinya sebanyak 62 siswa menjawab soal tidak berdasarkan kemampuannya sendiri. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa sebagian besar siswa menjawab soal memiliki pola respon yang konsisten.

Kata Kunci: Konsistensi, Penilaian Akhir Semester, Person-fit, Teori Respon Butir

This study objectives were to: 1) analyze the response patterns of class XI SMA Hang Tuah Tarakan students in responding to odd PAS math questions for the 2021-2022 academic year, 2) estimate the parameters of the odd PAS math test items for the class XI SMA Hang Tuah Tarakan : and 3) describe the consistency of class XI SMA Hang Tuah Tarakan students in responding to odd PAS math questions for the 2021-2022 academic year. Ex-post facto research was the type used in this quantitative study. Documentation was used to carry out data collection strategies. The response that students at Hang Tuah Tarakan High School submitted for the odd semesters of the Final Assessment for the academic year 2021-2022, totaling up 194 students, served as the research’s data source. No data was lost because students did not respond to questions because they answered all of the items. The R program was used to analyze student responses using the 2-PL model (Logistik Parameters). The item differential index ranged from -0,9463808 to 2,4760768, and the item difficulty level ranged from -10,266180 to 1,44538246. The majority of the students' abilities, it was determined that 132 students consistently responded to questions, while 62 students responded inconsistently, which means that 62 students did not respond to questions in accordance with their own capacities. based on the results of the study it was concluded that most of the students answers to the questions had consistent response patterns. Keywords: Consistency, Final Semester Assessment, Person-Fit, Item Response Theory

Detail Informasi