
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas V-F SDN Utama 2 Tarakan
Pengarang : Bayril Cholib Arief Arahman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Sejak awal kemunculan COVID-19 di Indonesia pada awal bulan maret 2020, virus COVID-19 telah memberikan dampak terhadap berbagai bidang dalam kehidupan masyarakat Indonesia terutama berdampak pada bidang pendidikan. Pembelajaran yang mulanya dilakukan secara luring, selama pandemi COVID-19 pembelajaran dilakukan secara daring. Salah satu platform yang dapat digunakan dalam penyampaian materi selama pembelajaran daring adalah dengan menggunakan aplikasi whatsapp yang dimana guru mengharapkan siswa dapat memahami materi dan mendapatkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring di kelas V-F di SDN Utama 2 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (independent) Aplikasi Whatsapp dan variabel terikat (dependent) Hasil Belajar. Taknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring di kelas V-F SDN Utama 2 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t diperoleh bahwa hasil analisis pengujian thitung sebesar 1,543. Karena nilai thitung < ttabel yaitu 1,543 < 1,703 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis o (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Kemudian dari hasil uji koefisien determinasi pada regresi dapat diketahui bahwa nilai R-square 0,081, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Penggunaan Aplikasi Whatsapp) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar Siswa) adalah sebesar 8,1% sedangkan sisanya 91,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Aplikasi WhatsApp, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar
Since the beginning of COVID-19 in Indonesia in early March 2020, the COVID-19 virus had an impact on various fields in of Indonesian people lives, especially impacting on the field of education. The learning was initially carried out offline, during the COVID-19 pandemic, learning was carried out online. One of the platforms that can be used in delivering material during online learning is the Whatsapp application where teachers expect students to understand the material and get good learning outcomes. This study aimed to determine the influence of the use of Whatsapp application on student learning outcomes in online learning in class V-F at SDN Utama 2 Tarakan. This research used quantitative methods with an ex-post facto research design. In this study, there were two variables, namely free variable (independent) that was Whatsapp application and the dependent variable that was Learning Outcomes. The data collection techniques used are interviews, questionnaires, and documentation. The results of this study showed that there was no influence of the use of Whatsapp application on student learning outcomes in online learning in class V-F at SDN Utama 2 Tarakan. It can be seen from the results of the t-test obtained that the results of the calculated test analysis were 1.543. Since the calculated value of the t-tabel was 1.543 < 1.703. it can be concluded that the hypothesis o (Ho) was accepted and the alternative hypothesis (Ha) was rejected. Then, from the results of the coefficient of determination test on regression, it can be seen that the R-square value was 0.081, which meant that the influence of free variables (Whatsapp Application Use) on bound variables (Student Learning Outcomes) wa 8.1% while the remaining 91.9% was influenced by other factors that are not observed. Keywords: WhatsApp Application, Online Learning, Learning Outcomes