Cara Belajar Matematika Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 1 Tarakan Yang Memiliki Orang Tua Tunggal | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Cara Belajar Matematika Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 1 Tarakan Yang Memiliki Orang Tua Tunggal

Cara Belajar Matematika Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 1 Tarakan Yang Memiliki Orang Tua Tunggal

Pengarang : Sanjaya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Tarakan yang memiliki orang tua tunggal. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas IX yang dipilih menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan triangulasi kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh bahwa subjek tersebut memiliki cara belajar Matematika ketika di rumah, yaitu di dalam pembuatan jadwal dan pelaksanaanya. Subjek membuat jadwal belajarnya di rumah yaitu dengan belajar setiap malam. Dalam pelaksanaannya, subjek melakukannya secara mandiri. Lalu membaca dan membuat catatan matematika. Subjek membaca materi-materi yang ada di buku catatannya serta mengulang bahan pelajaran dengan cara membaca dan mengulang materinya secara terus-menerus. Dalam proses belajar pun subjek membutuhkan konsentrasi ketika mengikuti proses pembelajaran. Subjek selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru dari sekolah dan subjek akan merasa tidak tenang ketika ada tugas yang belum terselesaikan. Subjek adalah seorang anak yang memiliki orang tua tunggal namun subjek mempunyai ciri khas tersendiri dimana subjek selalu belajar setiap malam dengan rutin setelah melaksanakan sholat Isya dengan mandiri, subjek selalu berusaha berupaya untuk mengandalkan kemampuannya sendiri dalam menyelesaikan tugas nya walaupun terkadang subjek juga bertanya ketika mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya.

Kata Kunci: Cara Belajar, Orang Tua Tunggal, dan Studi Kasus

This study intended to describe how students in grade IX at SMP Negeri 1 Tarakan who have a single parent learn mathematics. The class IX student who served as the study's subject was chosen by purposive sampling. Interviews, documentation, and triangulation were used to collect the data, which was then analyzed utilizing data reduction, data presentation, and conclusion-drawing. The findings demonstrated that the subject had a method for studying mathematics at home, namely creating and following schedules. The subject created a home study routine by doing homework every night. In actuality, the subject handled it on their own. Next, read and made notes in math. The subject repeatedly read and repeated the content in his notebook while also reading aloud from the lesson. When learning something new, one must pay close attention to the subject at hand. The subject always completed the assignments that the teacher assigned for class, and the students became uncomfortable if there were undone tasks. The subject was a child who had a single parent but the subject had its own characteristics where the subject always studied every night routinely after performing the evening prayer independently, the subject always tried to rely on his own ability to complete his assignments even though sometimes the subject also asked when experiencing difficulties in finishing it. Keywords: How to Learn, Single Parents, and Case Studies

Detail Informasi