
Pengembangan Media Laper (Lagu Perkalian) Dalam Menghafal Perkalian Dasar Pada Siswa Kelas III-A SDN 043 Tarakan
Pengarang : Pita Pabisa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media LAPER (Lagu Perkalian) yang dapat digunakan dalam membantu siswa menghafal perkalian dasar, yang ditinjau dari validasi media dan bahasa. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap kemenarikan media LAPER (Lagu Perkalian) yang ditinjau dari angket respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development), adapun prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu, Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Kelayakan media LAPER (Lagu Perkalian) diperoleh persentase rata-rata sebesar 100%, dengan kategori sangat layak. Hasil perhitungan kelayakan media LAPER (Lagu Perkalian) ditinjau dari validasi media dengan persentasenya sebesar 100% dan validasi bahasa persentasenya sebesar 100%. Kemenarikan media LAPER diperoleh persentase pada uji coba terbatas sebesar 100% dan uji coba lapangan sebesar 98,88%. Hasil perhitungan dari uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa media LAPER (Lagu Perkalian) sangat menarik untuk membantu siswa dalam menghafal perkalian dasar.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Lagu Perkalian Tangga, Menghafal Perkalian Dasar, Model ADDIE
This study aimed to create LAPER media (Multiplication Song) which can be used tohelp students memorize basic multiplication, reviewed from media and language validation. Moreover, this study was conducted to find out how students respond to the attractiveness of the LAPER media (Multiplication Song) in terms of student response questionnaires. This study is Research and Development, while the research procedure used the ADDIE development model which consists of 5 stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The media worthinessof LAPER (Multiplication Song) obtained an average percentage of 100%, with a very appropriate category. The results of the calculation of the worthiness of the LAPER media (Multiplication Song) in terms of media validation percentage and language validation percentage as much as 100%. The attractiveness of the LAPER media obtained a percentage in the limited trial of 100% and the field trial of 98.88%. The calculation results from the limited and field trials show that the LAPER media (Multiplication Song) was very interesting to help students memorize basic multiplication. Keywords: Research and Development, Ladder Multiplication Song Media, Memorizing Basic Multiplication, ADDIE Model