Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbantuan Powtoon Pada Materi ASEAN Kelas VI Di SDN 021 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbantuan Powtoon Pada Materi ASEAN Kelas VI Di SDN 021 Tarakan

Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbantuan Powtoon Pada Materi ASEAN Kelas VI Di SDN 021 Tarakan

Pengarang : Rina Ariyanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Media tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tidak menarik dan variatif membuat peserta didik menjadi bosan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis Powtoon serta mengetahui kelayakan ditinjau dari validasi ahli media dan validasi ahli materi, serta kemenarikan ditinjau dari angket respon siswa dan angket respon guru. Pada materi ASEAN, kelas VI SDN 021 Tarakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan alur model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: lembar validasi angket, angket respon guru dan angket repon siswa. Penelitian ini dilakukan dikelas VI B SDN 021 Tarakan. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 90%, ahli materi sebesar 80% dan rata-rata persentase skor validasi dari dua validator sebesar 85%. Hasil dari validator media dan materi menunjukan bahwa media video Powtoon layak untuk digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran. Hasil dari angket respon guru sebesar 96% dan angket respon siswa setelah menggunakan media video pembelajaran Powtoon pada uji coba terbatas memperoleh persentase skor sebesar 95% dan uji coba lapangan memperoleh persentase skor sebesar 95,04% sehingga rata-rata dari angket respon guru dan angket respon siswa uji coba terbatas dan lapangan memperoleh rata-rata skor persentase sebesar 95,34% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan materi, serta angket respon guru dan angket respon siswa uji coba lapangan dan uji coba terbatas maka, media video pembelajaran Powtoon dinyatakan layak dan sangat menarik digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Powtoon, ADDIE

Media cannot be separated from the learning process. The use of uninteresting and varied learning media makes students bored. This study was research and development that aimed to develop Powtoon-assisted learning video media and determine feasibility in terms of media expert validation and material expert validation, as well as attractiveness in terms of teacher response questionnaires and student response questionnaires. This study used the type of research and development (R&D) with the ADDIE model flow. The model of ADDIE consists of 5 stages. Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection instruments used were: interview guides, validation sheets, teacher response questionnaires, and student response questionnaires. This study was in class VI B at SDN 021 Tarakan The validation results obtained from media experts were 90%, material experts were 80%, and the average percentage of validation scores from the two validators was 85%. The results of the media and material validators show that Powtoon-assisted video media is appropriate for use in learning process activities. The results of the teacher's response questionnaire were 96%, and the student response questionnaire after using the Powtoon- assisted learning video media in the limited trial obtained a score percentage of 95%, and the field trial obtained a score percentage of 95.04% The average from the teacher's response questionnaire and the limited trial student response questionnaire in the field tryout with an average percentage score of 95 34%, and the category is interesting. Based on the validation results of media and material experts, the teacher response questionnaires, and limited trial student response questionnaires, the Powtoon-assisted learning video media was declared feasible and very interesting to use in the learning process. Keywords: Research and Development, Powtoon, ADDIE

Detail Informasi