Efektivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus Di Kelas VII-5 SMPN 8 Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus Di Kelas VII-5 SMPN 8 Tarakan)

Efektivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus Di Kelas VII-5 SMPN 8 Tarakan)

Pengarang : Merlin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Proses pembelajaran jarak jauh selama penutupan sekolah akibat dampak covid-19 tidak dapat dilaksanakan secara optimal karena berbagai keterbatasan, antara lain bahwa guru tidak dapat secara langsung memanfaatkan berbagai perangkat teknologi informasi dan komunikasi dan platform pembelajaran daring yang banyak tersedia dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan pengunaan google classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas vii-5 di smpn 8 tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii-5 dan guru yang membidangi mata pelajaran ipa di smpn 8 tarakan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data dianalasis berdasarkan hasil kuesioner, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ipa dengan menggunakan google classroom dalam pembelajaran jarak jauh dikelas vii-5 dilihat dari proses dan hasil belajar siswa yaitu pembelajaran berjalan dengan efektif.

Due to various limitations, the distance learning procces during school closures due to the impact of covid-19 could cannot be carried out optimally. The teachers cannot directly utilize various information and communication technology tools and online learning platforms widely available to support the implementation of distance learning. This study aims to measure the effectiveness of the use of googe classroom on student learning outcomesin science subjects class vii-5 at smpn 8 tarakan. This research is a descriptive qualitative research using a case study approach. The subjects used in this study were grade of class vii-5 at smpn 8 tarakan. The instruments in this study used questionnaires, interviews and documentation. Data were analyzed based on the results of questionnaires, interviews and documentation which were then analyzed by data reduction , data presentation, and conclusions of verification. The result showed that science learning using google classroom in distance learning in class of vii-5 was seen from the process , and student learning outcomes learning was running effectively.

Detail Informasi