
Jenis Dan Karakteristik Ragam Tuturan Siswa Terhadap Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan (Kajian Sosiolinguistik)
Pengarang : Nurlita Azizah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis ragam Bahasa Indonesia yang muncul serta mendeskripsikan karakteristik dari ragam Bahasa Indonesia yang digunakan oleh siswa terhadap guru pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan dengan Kajian Sosiolinguistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang di peroleh dari penelitian ini berupa tuturan siswa terhadap guru dalaam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nsional Plus Indo Tionghoa Tarakan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode simak dan teknik lanjutannya yaitu teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik sadap, teknik rekam dan teknik catat. Hasil penelitian ini berupa tuturan yang termasuk dalam ragam resmi, ragam santai, ragam akrab serta karakteristik dalam ragam resmi, ragam santai dan ragam akrab. Data dalam penelitian ini berjumlah 41 data, diantaranya yaitu: ragam resmi terdiri dari 3 data, ragam santai terdiri dari 37 data dan ragam akrab terdiri dari 1 data. Pemahaman dan kesadaran siswa dalam menggunakan ragam resmi dalam proses pembelajaran masih sangat kurang. Ragam santai paling sering digunakan karena ragam ini dapat membangun suasana percakapan yang santai sehingga proses komunikasi tidak berlangsung kaku.
Kata Kunci: jenis ragam, karakteristik ragam, tuturan, pembelajaran bahasa indonesia.
This study was to describe the language variants and their characteristics in students' utterances as they speak to their teacher in the class. This was a descriptive qualitative study. The data were the students' utterances to their teacher in the learning process of Bahasa Indonesia. The subjects were the students at grade VIII, SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan. The data collection was done by listening method, and non-participative observation (listening) followed by capturing, recording, and note-taking. Based on the analysis, the students' utterances can be divided into three variants: formal, casual, and intimate from 41 utterances. The dominant one was casual variant (37), and only 3 utterances of formal style. This finding has proved that the students' understanding in speaking in a formal way needs to be improved. The casual is the one mostly used by the students as they do not really know how to express their ideas in more formal style. Though, this casual style has a good impact on more positive relation. Keywords: Language Variant, Characteristics of the Variants, Utterance, Bahasa Indonesia