
Pengaruh Teknik Self Talk Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung
Pengarang : Faisal Fachry - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Komunikasi interpersonal berperan dalam mentransfer pesan atau informasi dari seseorang kepada orang lain berupa ide fakta, pemikiran serta perasaan. Oleh karena itu komunikasi interpersonal merupakan jembatan bagi setiap individu di masa mereka dapat berbagi rasa pengetahuan serta hubungan antara sesama individu dimasa mereka dapat berbagi rasa, pengetahuan serta hubungan antara sesama individu pada masyarakat di lingkunganya. Komunikasi interpersonal selalu menimbulkan saling pengertian atau saling mempengaruhi antara seseorang dengan orang lain. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknik Self Talk terhadap meningkatkan kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa kelasa XI-IPA 1 dan XII-IPS 1 di SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung Tahun ajaran 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pretest posttest one group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa menggunakan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji dua pihak (two tailed test). Hasil analis data diketahui diperoleh nilai t hitung -11.442 sedangkan nilai probalitas atau Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat diyatakan H0 ditolak H1 . Teknik self talk efektif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung.
.Kata Kunci: Self Talk, Komunikasi Interpersonal
Interpersonal communication plays a role in transferring massages or information from one person to another in the from of ideas, facts, thoughts, and feelings therefore, interpersonal communication is a bridge for every individual when they can share feelings knowledge, and relationships between individuals in the community in their environment. Interpersonal communication always creates mutual understanding or mutual influence between a person and another. This study aimed to determine the effect of the Self Talk on improving the interpersonal Communication skills of students in class XI-IPA 1 and XII-IPS 2 at SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung for the 22 academic year. This study used a quantitative research method with an experimental research typ. The design used is the pretest-posttest one-group design. The sample in this study was 12 students' The sampling technique in this study was a simple random sampling technique. The hypothesis test used is the two-tailed test. The results of data analysis show that the t-value is-11,442 while the probability value value or sig.2 tailed is 0.000