Dampak Game Online Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2022/2023 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Dampak Game Online Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2022/2023

Dampak Game Online Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2022/2023

Pengarang : Muhammad Ilham - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Game online merupakan permainan yang dapat diakses oleh berbagai kalangan tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga dapat memberikan tantangan yang menarik sehingga pada saat bermain game online, pemain tidak memperdulikan waktu demi mencapai kepuasan dari permainan yang dimainkan. Permasalahan yang terdapat pada siswa di SMP Muhammadiyah 1 adalah siswa lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan bermain game online bahkan ada yang begadang sehingga fokus siswa terhadap aktifitas belajar itu sendiri berkurang, ketika guru menjelaskan siswa tidak memperhatikan atau sulit berkonsentrasi. Adapun dalam aktivitas bermain game online selalu diyakini memberikan pengaruh negatif kepada para pemainnya (Kustiawan & Utomo, 2019). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak game online yang terdapat pada siswa di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan dan wawancara tidak terstruktur adapun teknik pengambilan subjek menggunakan purpossive sampling. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan, maka diperoleh hasil bahwa siswa memiliki perilaku yang terdampak oleh game online dengan subjek 5 siswa mulai dari mengikuti game online yang memiliki konten kekerasan, memiliki nilai tidak bermoral, dan juga dapat merugikan kesehatan. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki perilaku negative dari game online mulai dari munculnya perilaku agresif pada siswa yaitu subjek memukul teman, bullying secara verbal dimana subjek yang lain mengumpat kata-kata kasar pada saat jam pelajaran ataupun istirahat berlangsung dikarenakan tersinggung oleh temannya atau dalam keadaan sengaja maupun tidak disengaja, melemparkan bola voli ke arah temannya. Kemudian game online juga memiliki dampak yang dapat merugikan kesehatan yaitu mata minus pada salah satu subjek sehingga subjek kesulitan dalam konsentrasi belajar yang berdampak pada menurunnya prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Dampak, Game Online

Online games offer a variety of groups access to fun activities as well as engaging challenges, thus when playing online games, players aren't concerned with the passage of time in order to enjoy the game they are playing. The problem with students at Muhammadiyah 1 Middle School not paying attention or having difficulties concentrating was that they spent more time playing online games and some even stayed up late, which distracted them from the actual learning process. The act of playing online games is always thought to have an adverse effect on the gamers (Kustiawan & Utomo, 2019). The purpose of this study was to determine the impact of online games on students at SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. This study used a gualitative method with a descriptive research type. The data collection technigue used was participant observation and unstructured interviews while the subject taking technigue used purposive sampling. Based on research conducted at SMP Muhammadiyah 1 Tarakan, the results obtained were that students had behaviors that were affected by online games with 5 students starting from participating in online games that had violent content, had immoral values, and could also be detrimental to health. So it was concluded that students had negative behavior from online games starting from the emergence of aggressive behavior in students, namely the subject of hitting a friend, verbal bullying where other subjects swear at harsh words during class or recess taking place because they are offended by their friends or in a state of deliberate or unintentionally, threw a volleybali at his friend. Then online games also had an impact that can be detrimental to health, namely minus eyes on one of the subjects so that the subject had difficulty concentrating on learning which had an impact on decreasing student achievement. Keywords: Impact, Online Games

Detail Informasi