
Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Tanjung Palas Utara
Pengarang : Trisnanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami motivasi belajar yang rendah. peran guru bimbingan dan konseling sangat penting dalam membantu siswa yg memiliki motivasi belajar yang rendah. Merencanakan program yang tepat akan membuat layanan yang di berikan efektif dan efisien. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif subjek penelitian adalah informan utama dalam penelitian ini adalah 1 orang guru bimbingan dan konseling dan 3 orang siswa SMA. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi,dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ini peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Palas Utara sudah terlaksana dengan baik, karena guru bimbingan dan konseling sudah melaksanakan tugasnnya seperti menyusun program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar dan melaksanakan konseling individu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan Dan Konseling, Motivasi Belajar Siswa
This study aimed to determine the role of guidance and counseling teachers in increasing students learning motivation who experience low learning motivation. The role of the guidance and counseling teacher is very important in helping students who have low learning motivation. Planning the right program will make the services provided effective and efficient. The method used in this study was descriptive qualitative. The research subjects were the main informants in this study, namely one guidance and counseling teacher and three high school students. Observation data collection techniques, documentation, and interviews. The data analysis techniques used in this study are data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study show that the role of the guidance and counseling teacher in increasing student learning motivation at SMA Negeri 1 Tanjung Palas Utara has been well implemented because the guidance and counseling teacher has fulfilled his duties such as compiling a guidance and counseling program to increase learning motivation and implement individual counseling for increasing student motivation. Keywords: The Role Of The Guidance And Counseling Teacher, Students Learning Motivation