Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Secara Daring Pada Masa Pandemi Di SMA Negeri 1 Bunyu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Secara Daring Pada Masa Pandemi Di SMA Negeri 1 Bunyu

Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Secara Daring Pada Masa Pandemi Di SMA Negeri 1 Bunyu

Pengarang : Zaqi Hardian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tahap pelaksanaan bimbingan kelompok terdapat beberapa tahapan, dimulai dari tahap pembukaan yang meliputi pengenalan, tujuan dan manfaat, peran, aturan, dan pemberian motivisi. Tahap transisi meliputi kegiatan selingan seperti permainan (ice breaking), mereview tujuan dan kesepakatan bersama, dan peralihan ke tahap inti. Selanjutnya, pada tahap inti meliputi pembahasan topik. Serta tahap penutupan meliputi penyampaian pesan dan kesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok secara daring pada masa pandemi di SMA Negeri 1 Bunyu. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan penentuan informan penelitian terdiri dari 1 orang guru bimbingan dan konseling dan 2 siswa dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok yang di lakukan oleh guru bimbingan dan konseling sudah sesuai dengan tahapan yang telah di lakukan dimana sebelum melaksanakan kegiatan guru bimbingan dan konseling menyiapkan RPL terlebih dahulu kemudian melakukan observasi hasil dari kegiatan dan melakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan dari tiap perlaksanaan bimbingan kelompok.

Kata Kunci: Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Pandemi Covid-19

There are several stages in the implementation of group guidance, starting from the opening stage, which includes an introduction, purpose and benefits, roles, rules, and motivation. The transition phase includes interlude activities such as games (ice breaking), reviewing common goals and agreements, and transitioning to the core stage. Furthermore, the core stage includes discussing the topic. Moreover, the closing stage includes the delivery of messages and impressions. The purpose of this study was to describe the implementation of online group guidance services during the pandemic at SMA Negeri 1 Bunyu. The research method used was qualitative research with a descriptive approach, and the determination of research informants consisted of 1 guidance and counseling teacher and two students selected by purposive sampling. Data collection techniques in this study are interviews and documentation. The data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study indicate that the implementation of group guidance carried out by the guidance and counseling teacher is by the stages that have been carried out where before perform the activities, the guidance and counseling teacher prepares an RPL first and then observes the results of the activity and conducts an evaluation to measure the success of each implementation of group guidance. Keywords: Implementation of Covid-19 Pandemic Group Guidance Services

Detail Informasi