Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Perilaku Menyontek Siswa Kelas XI Melalui Layanan Klasikal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Perilaku Menyontek Siswa Kelas XI Melalui Layanan Klasikal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Perilaku Menyontek Siswa Kelas XI Melalui Layanan Klasikal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

Pengarang : ACHMAD NUR - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Layanan klasikal adalah kegiatan pelayanan yang ditawarkan kepada sejumlah siswa dalam kelompok belajar dan dilakukan di dalam kelas dalam bentuk pertemuan tatap muka antara guru bimbingan dan konseling atau konselor dengan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan klasikal di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan informan penelitian terdiri dari 3 orang diantaranya guru bimbingan dan konseling dan 2 orang siswa yang telah mendapatkan layanan klasikal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam pelaksanaan layanan klasikal di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan dilaksanakan melalui 5 tahapan, yaitu perencanaan dimana dalam tahap ini guru bimbingan dan konseling menentukan komponen layanan klasikal, menyusun RPL, kemudian diikuti beberapa tahapan yakni pendahuluan, pelaksanaan, tahap inti, tahap penutup, dan evaluasi.

Kata Kunci: Peran, Layanan klasikal

Classical services are service activities that are offered to a number of students in groups and are carned out in the classroom in the form of face-to-face meetmgs between guidance and counseling teacher(s) or counselor(s) and students. This research armed to describe the implementation of classical services at Madrasah Alryah Negen Tarakan. This research employed qualitative research with a descnptive approach and the research informants consisted of 3 guidance and counseling teachers and 2 students who had received classical services. The data were collected using interview and documentation. The data were then analyzed using a flow model of Miles and Huberman namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification. The results showed that the smplementation of classical services at Madrasah Aliyah Negen Tarakan was conducted through 5 stages, namely planning where the guidance and counseling teacher determined the components of classical services, developed the RPL (service implementation plan), then followed by several stages namely introduction, implementation, core stage, closing, and evaluation. Keywords: Role, Classical Service

Detail Informasi