
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Di Kelas VI-C SDN 017 Tarakan
Pengarang : Dita Rahmasari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Kesulitan merupakan suatu kendala dalam menyelesaikan suatu masalah, kesulitan dalam proses penyelesaian soal matematika dapat diketahui dengan cara memberikan pertanyaan berupa tes atau soal tentang materi yang sudah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikam kesulitan siswa kelas VI-C SDN 017 Tarakan dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan serta faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara dan angket dengan siswa berdasarkan tingkat kesulitan sedang dan tingkat kesulitan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa yaitu: a) kesulitan siswa dalam menggunakan konsep dikarenakan siswa langsung menjumlahkan/mengurangkan pembilang, siswa tidak mengetahui konsep mencari KPK dari dua atau lebih bilangan pecahan berpenyebut berbeda sehingga hanya mengalikan silang dua bilangan pecahan tersebut; b) kesulitan siswa dalam menggunakan prinsip dikarenakan siswa tidak dapat mengoperasikan perkalian pembilang, keliru ketika menjumlahkan atau mengurangkan pembilang, salah dalam menentukan KPK disebabkan ketidaktelitian serta kekeliruan ketika menghitung kelipatan, salah menentukan operasi hitung yang digunakan; c) kesulitan subjek dalam menyelesaikan masalah verbal dikarenakan siswa tidak memahami istilah-istilah khusus yang terdapat pada soal cerita, hanya terfokus pada angka saja sehingga salah ketika menerjemahkan ke dalam model matematikanya, serta tidak dapat melakukan penarikan kesimpulan. Adapun faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yaitu: a) faktor internal pada aspek kemampuan menyelesaikan soal merupakan faktor tertinggi penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika; b) faktor eksternal dalam lingkungan keluarga, presentase tetinggi penyebab kesulitan terdapat pada aspek perhatian keluarga, sedangkan dalam lingkungan sekolah, presentase tertinggi terdapat pada aspek metode guru.
Kata Kunsi: Kesulitan, Menyelesaikan Soal, Pecahan
Difficulty is an obstacle in solving a problem, difficulties in the process of solving mathematical problem can be identified by giving questions in the form of tests or questions about the material that has been studied. This study aims to describe the difficulties of class VI-C students at SDN 017 Tarakan in solving mathematical problems on fractions and its related factors. This study employed a descriptive qualitative research method. Data were collected through tests, interviews and questionnaires from the students based on the medium and high difficulty levels. The results of this study showed that the difficulties experienced by students were: a) the difficulties in using the concept because students immediately added/substracted the numerator, students did not know the concept of finding the least common multiple (LCM) of two or more fractions with different denominators so they only cross-multiplied the two fractions; b) students’ difficulties in using the principle because they could not multiply the numerators, they were mistaken for adding or subtracting the numerators, determining the LCM due to inaccuracies and erroneous in calculating multiples, and incorrectly determining the arithmetic operations used; c) the students’ difficulties in solving verbal problems was caused by students’ misconception towards the keywords used in the word problems. They only focused on the numbers so that they were mistaken when translating the words into their (algebraic expressions/mathematical equations/mathematical models) and could not draw conclusions. The causative factors of students’ difficulties in solving mathematical problems were: a) the internal factors which came from the students’ problem-solving skills as the highest factors causing students’ difficulties in mathematical problem solving; b) the external factors got the highest percentage of causative factor in the aspect of familial environment, mainly familial attention, while in the school environment, the highest percentage was in the aspect of the teacher’s method. Keywords: Difficulties, Problem solving, Fraction