Pengaruh Metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan

Pengaruh Metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Ita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain peneitian Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tarakan dengan populasi penelitian ialah kelas IX tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh kelas IX-8 sebagai kelas kontrol dan IX-10 sebagai kelas Eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif menggunakan perhitungan rata-rata dan standar deviasi. Analisis inferensial menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui 4,140 >1,672 maka H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh metode peer teaching (tutor sebaya) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan.

Kata Kunci: Peer Teaching (Tutor Sebaya), Hasil Belajar Matematika

This study aimed to determine the effect of Peer Teaching on the results of learning mathematics for class IX students of SMP Negeri 4 Tarakan. This research is included in the type of quasi-experimental research with the post-test only control. This research was conducted at SMPN 4 Tarakan, with the research population being class IX for the 2022/2023 academic year. Sampling was done using simple random sampling and obtained class IX-8 as the control class and IX-10 as the experiment class. Collecting data in this study used a description test instrument. The data analysis technique used was descriptive analysis and inferential analysis. The descriptive analysis uses average and standard deviation calculations. Inferential analysis using independent sample t-test. Based on the research results, it is known that 4.140 > 1.671, then H0 is rejected, which means that peer teaching influences the mathematics learning outcomes of class IX students of SMP Negeri 4 Tarakan. Keywords: Peer Teaching, Mathematics Learning Outcomes

Detail Informasi