
Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA Di SDN 050 Tarakan
Pengarang : SHERELL ANN - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Keterampilan berbicara dalam mata pelajaran bahasa Indonesia mengarahkan setiap siswa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan dengan baik dan benar di hadapan publik. Keterampilan berbicara tidak dapat berdiri sendiri, melainkan saling berkaitan dengan kemampuan lainnya yaitu, membaca, menulis dan menyimak. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas VA pada materi teks eksplanasi. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis data yang dilakukan yaitu: 1) data reduction, 2) data display, 3) conclusion. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa keterampilan berbicara yang dialami oleh siswa pada materi teks eksplanasi yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa, kesulitan dalam menggunakan kosakata yang tepat, kurangnya pemahaman materi, serta kurangnya pemahaman mengenai intonasi dan ekspresi ketika berbicara. Dalam kegiatan keterampilan berbicara terdapat beberapa aspek yang diamati yaitu: kelancaran, kosakata, pemahaman isi, intonasi dan ekspresi.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Teks Eksplanasi
Speaking skills in Indonesian subject lead every student to improve the ability in verbal communication properly and correctly in public. Speaking skills cannot stand alone, but it was interrelated with other skills namely reading, writing and listening. This study was a study that aimed to determine the speaking skills of class V-A students in explanatory text material. The approach used descriptive qualitative research. The data collection instruments used tests, observations, interviews and documentation. The stages of data analysis carried out were (1) data reduction, (2) data display, and (3) conclusion. From the results of this study, it can be understood that the speaking skills experienced by students in the explanatory text material were lack of student self-confidence, difficulty in using the right vocabulary, lack of comprehending the material, intonation and expression when speaking. In speaking skills activities, there were several aspects that were observed namely: fluency, vocabulary, comprehension of content, intonation and expression. Keywords: Speaking Skills, Explanatory Text