
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN 045 Tarakan Melalui Alat Peraga Papan Berpaku Pada Pokok Bahasan Bangun Datar
Pengarang : Asria - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 045 Tarakan dengan menggunakan alat peraga papan berpaku.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Juli sampai dengan 12 September 2012. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 045 Tarakan, dengan jumlah siswa 27 orang, 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah tes tertulis, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti adalah sebagai berikut: Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 70.4%, sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 77.8%. Oleh karena hasil yang dicapai telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II.
Dari hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga papan berpaku dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 045 Tarakan tahun pembelajaran 2012/2013 pada pokok bahasan bangun datar dan telah mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku
The aim of this research is to Improve Mathematic Learning result in six grade students of SDN 045 Tarakan through appliance physic of board nail discussion fundamental of superficial level. The type in this research is Classroom Action Reseach which consist of 2 cycles with each part every cycle cover by planning, execution of action, observation, and reflection. The research was begun from July 12 until September 12, 2012, with 4 meetings in two cycles. As for becoming research subject is student in six grades at SDN 045 Tarakan which consist of 27 students, which the amount of men student counted 14 people, woman student counted 13 people. Source of data collected in this research are competency test, observation, and documentation. The result of this research can present shall be as follows, in the first cycle result of learning value is 70,4 % while in second cycle is 77,8%. Because have fulfilled expected efficacy indicator, hence research process discontinued at second cycle. The result of research can be concluded that Mathematic Learning Result in discussion of fundamental superficial level increase with appliance physic of board nail in six grade students at SDN 045 Tarakan year 2012/2013. Keywords: Mathematic Learning Result Through Appliance Physic of Board Nail Discussion Fundamental of Superficial Level