
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui Model Picture And Picture Di Kelas IV-C SDN 024 Tarakan
Pengarang : Arya Pratama - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya melalui model picture and picture di kelas IV-C SDN 024 Tarakan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15,00. Kemudian untuk aspek afektif rata-rata yang diperoleh siswa dari semua aspek penilaian juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,6. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 6,74. Maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 65,22% meningkat menjadi 86,96% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran IPA siswa kelas IV-C SDN 024 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Picture And Picture
The Classroom Action Research was to improve the natural science learning achievement in animal division based on the type of its food through picture and picture model at class IV-C of SDN 024 Tarakan. The Classroom Action Research was employed in 2 cycles, each consisted of 4 steps, namely: planning, action, observation and reflection. There are 3 steps on data collecting technique: they are planning, action and reporting. The data collecting instruments are achievement test, psychomotor observation sheet, affective observation sheet, and observation sheet of teacher activity in learning process. The mean score of students’ learning achievement on psychomotor aspect from cycle I to cycle II improved 15,00 points. Then for affective aspect the mean score of students’ learning achievement also improved 15,6 points from cycle I to cycle II. While cognitive aspect improved 6,74 points. So, the classical percentage of students’ learning achievement from cycle I which was 73,33% improved to be 86,67% in cycle II. The conclusion of this research is that the use of picture and picture learning model improve the students’ learning achievement on natural science for the grade IV-C SDN 024 Tarakan. Keywords: Result Study, Natural Science, Picture And Picture Model