
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV-U SDN 004 Tarakan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together
Pengarang : Anjarwati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi mengurutkan dan membandingkan bilangan bagi siswa di kelas IV-U SDN 004 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada siklus I nilai hasil belajar siswa mencapai 63,3% sementara pada siklus II meningkat yaitu mencapai 83,3%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Head Together
The objective of this research is increasing the mathematic out come, especially in arranging and comparing numbers in the class of IV-U stage elementary school 004 Tarakan. In this research, the researcher has applied classroom action research (car) with cooperstive Learning in form of Numbered Head Together. This research was held in two (2) circles, in the first circle students mathematic outcome could reach 63,3% and in the second circle it increased into 83,3%. The conclusion of this classroom action research shows that the cooperative learning model in form of numbered head to gether can increase student’s learning outcome rapidly. Keywords: Learning Outcome, Numbered Head Together Learning Model