Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kegemaran Dengan Menggunakan Model Role Playing Di Kelas III-2 SDN 018 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kegemaran Dengan Menggunakan Model Role Playing Di Kelas III-2 SDN 018 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kegemaran Dengan Menggunakan Model Role Playing Di Kelas III-2 SDN 018 Tarakan

Pengarang : Akbar Tanjung - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Judul penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kegemaran Dengan Menggunakan Model Role Playing di Kelas III-2 SDN 018 Tarakan. Menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 April sampai 30 Mei semester genap tahun 2013/2014. Desain peneitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan lembar observasi dan tes tertulis. Jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas ialah 36 siswa.
Berbagai permasalahan siswa ialah 1) siswa tidak berpartisipasi pada proses pembelajaran 2) siswa tidak diberi pengalam langsung 3) kurangnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa siklus 1 sebesar 86,11%. Indikator keberhasilan siswa telah tercapai dan siswa telah termotivasi dalam belajar setelah penggunaan model Role Playing.
Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa siklus I telah tercapai. Kesimpulannya bahwa hasil belajar siswa kelas III-2 SDN 018 Tarakan meningkat dengan menggunakan model Role Playing.

Kata Kunci: Hasil Belajar dan Model Role Playing

The objective of this research was to improve the Students’ Achievement on the Students’ Achievement on Hobbies through Cooperative Learning type Role Playing at Third Grade Students of SD Negeri 018 Tarakan. The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The research was done from 19 April to 30 May 2013 in even semester 2013/2014. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and test. The number of students in one class consisted of 36 students. In preliminary study showed that 1) students did not participate well in learning process, 2) students did not involve into Learning Experience,3) the students’ score was low. Based on the result of study in first cycle was 86.11%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by implementing Cooperative Learning type Role Playing. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Cooperative Learning type Role Playing can improve the Students’ Achievement on Hobbies Through Cooperative Learning type Role Playing at Third Grade Students of SD Negeri 018 Tarakan. Keywords: Role Playing, Students’ Achievement

Detail Informasi