
Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Pembelajaran Kartu Bilangan Di Kelas IV-I SDN 018 Tarakan
Pengarang : Adi Rahmansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat belajarmatematika siswadengan menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media pembelajaran kartu bilangan pada pokok bahasan operasi hitung campuran di kelas IV-I SDN 018 Tarakan.
Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV-I SDN 018 Tarakan dengan jumlah 35 siswa, siswa laki-laki 16 dan siswa perempuan 19. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana aktivitas setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasidan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan adalah menerapkan pembelajaran langsung.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan minatbelajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian minat siswa dalam pembelajaran meningkat dari Siklus I dengan hasil 45,7% siswa dengan kriteriasangat tinggi. Siklus II terjadi peningkatan dengan hasil 77,1% siswa dengan kriteriasangat tinggi.
Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan model pembelajaran langsung berbantuan media pembelajaran kartu bilangan pada pembelajaran matematika di kelas IV-I SDN 018 Tarakan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Kata Kunci: Minat, Matematika, Model Pembelajaran Langsung
The objective of the research was to improve the students’ interest in learning direct method using numbered card as media on operational mix count at fourth IV-1 grade students in SDN 018 Tarakan. The subject of the research was fourth IV-1 grade students in SDN 018 Tarakan total 35 students which consist of 16 male and 19 female students. The research conducted in two cycles that consist of planning, implementing, observing and reflecting. The teaching and learning model of the research was direct method. The result of the research showed the improvement on students’ interest in learning. It showed on the result in cycle 1 and cycle 2, the improvement in cycle 1 was 45,7% with high criteria and in cycle was 77,1% with high criteria. The conclusion of this class action was direct method using numbered card at fourth IV-1 grade students in SDN 018 Tarakan could improve students’ interest in learning. Keywords: Interest, Mathematic, Through Direct Method