
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas IV SDN 009 Peso
Pengarang : Ribka Lian - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas IV SDN 009 Peso.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan keaktifan siswa dan lembar pengamatan keefektifan guru, lembar angket, sikap siswa terhadap pembelajaran, dan hasil belajar kognitif siswa.
Hasil belajar aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai ketuntasan yaitu sebesar 56,25% dari 16 siswa. Sedangkan siklus II meningkat menjadi 93,75% dari 16 siswa. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika bagi siswa kelas IV SDN 009 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
The purpose of this was to determine the application of STAD cooperative learning model to improve learning outcomes of mathematic fractions in fourth grade student of SDN 009 peso. Classroom action Research was conducted in two cycles, which consists of 4stages: planning, implementation, observation, and reflection. The data collection instrument used was a test of learning outcomes, student activity sheets and sheet of observation effectiveness of teacher observation, questionnaire sheets, students’ attitudes toward learning, and cognitive learning outcomes Of Cognitive aspects of learning results obtained in the first cycle students achieve mastery that is equal to56.25% of the16students. While the second cycle increased to93.75% from 16students. Conclusion Classroom Action Research (CAR) is the use of STAD Cooperative learning model in teaching mathematics for fourth grade student of SDN 009 can improve learning outcomes.