
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Alat Peraga Di Kelas V SDN 008 Peso
Pengarang : Abramsyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pesawat sederhana dengan menggunakan pendekatan scientific berbantuan alat peraga di kelas V SDN 008 Peso. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12,91. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 45,46% meningkat menjadi 81,81% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan pendekatan scientific pada materi pesawat sedrhana di kelas V SDN 008 Peso dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Scientific
Tidak Tersedia Deskripsi