
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar 005 Peso
Pengarang : Yusuf Bagie - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah dengan metode demonstrasi pada siswa kelas v sdn 005 peso.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yakni Tanggal 5-6 Mei 2014 siklus I dan 8-9 Mei 2014 siklus II semester genap, 2013/2014 . Masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Pengamatan, dan Refleksi.Instrumenpengumpulan data yang digunakan adalah Tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa dan lembar aktifitas pengamatan Guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus,pada siklus I siswa yang tuntas atau siswa yang telah mencapai nilai 70 berjumlah 10 siswa. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu jumlah siswa yang tuntas atau siswa yang telah mencapai nilai 70 meningkat menjadi 13 siswa. Pada siklus I, hasil rata-rata aktivitas siswa memperoleh nilai sebesar 63,57%. Sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan dan memperoleh nilai sebesar 81,43 %. Pada siklus I, hasil rata-rata aktivitas guru memperoleh nilai sebesar 64,73. Sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas guru mengalami peningkatan dan memperoleh nilai sebesar 76,84. Maka dapat ditarik kesimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 005 Peso.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil belajar
The purpose of this research was to improve student’s learning achievement on mathematic at grade V SDN 005 Peso through Demonstration Learning Model. This research was conducted in two cycles. The first cycle was conducted on 5-6 May 2014 and the second cycle was conducted on 8-9 May 2014 on the second semester of academic year 2013/2014. Each cycle consists of four phases or stages that was planning. Acting implementing, observing, reflecting. The instruments used to collect data were achievement test and observation sheets for teacher and students. The learning achievement of students in cycle on achieved the indicator of success 71,43% from the 14 students whereas in cycle two student’s learning achievement increased to 92,86% from the 14 students. Based on the data analysis technique, it could he concluded that the use of Demonstration learning model can improve student’s learning achievement on mathematic at grade V at SDN 005 Peso. It was proved by the scores of students which fulfill the indicator of success and the criteria of minimum competence. Keywords: Demonstration Learning Model, Learning Achievement