
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 027 Tanjung Selor Tahun Pembelajaran 2014/2015
Pengarang : Yustina Yulita Nona - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Scientific merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam sebuah tema. Tahap pembelajaran tematik dengan pendekatan Scientific yaitu dengan tahap mengamati, menanya, mencoba, menalar, membentuk jejaring.
Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 di Kelas IV SDN 027 Tanjung Selor dengan subjek penelitian 32 siswa, yang terdiri dari 20 Laki-laki dan 12 Perempuan. Penelitian dilakukan dengan dua alternatif tindakan yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari tiga pertemuan dari setiap siklus. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi pengamatan keterampilan siswa, pengamatan sikap siswa dan pengamatan keterampilan mengajar guru.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata keterampilan mengajar guru pada siklus I yaitu 69,4% dan pada siklus II sebesar 76,1%. Pengamatan sikap siswa pada siklus I menunjukan 64,7% dan pada siklus II 75,3%, rata-rata keterampilan siswa pada siklus I sebesar 75,2% dan pada siklus II menjadi 76,2%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 62,5% sedangkan pada siklus II sebesar 81,3%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN 027 Tanjung Selor Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Pendekatan Scientific, Tema Indahnya Kebersamaan
Thematic learning with a Scientific Approach learning approach that integrates the various competencies of various subjects into a theme. Thematic learning phase with Scientific approach is to observe the stage, ask, try, reasoning, establishing networks. The experiment was conducted in the first semester of the school year 2014/2015 in class IV SDN 027 Tanjung Selor with research subjects 32 students, which consisted of 20 men and 12 women. The study was conducted with two alternative measures which the first cycle and second cycle consisting of three meetings of each cycle. Data collection techniques such as observation sheets observation skills of students, observations of students 'attitudes and teaching skills of teachers' observations. Based on the research that has been conducted, the average teaching skills of teachers in the first cycle is 69.4% and in the second cycle of 76.1%. Observation of student attitudes on the first cycle showed 64.7% and 75.3% in the second cycle, the average skills of students in the first cycle of 75.2% and in the second cycle to 76.2%. While mastery of learning outcomes in the first cycle of 62.5%, while the second cycle of 81.3%. Based on this study it can be concluded that the adoption of learning by using Scientific approach can improve student learning outcomes with the theme of beauty Togetherness in class IV SDN 027 Tanjung Selor Learning Year 2014/2015. Keywords: Thematic Learning, Scientific Approach, Beautiful Themes Mutual