
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Peso Hilir
Pengarang : Yoppen - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitungan bilangan bulat dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 004 Peso Hilir. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 pertemuan dan setiap siklus mempunyai 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan reflekasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru pada setiap pertemuan dan tes hasil belajar (THB) pada setiap akhir siklus untuk mengetahui tingkat kemajuan belajar siswa.
Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I aktivitas belajar siswa 76,88 dan pada siklus II menjadi 87,50 meningkat sebesar 10,62. Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ketuntasan hanya 50% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 90%, terjadi peningkatan sebesar 40%.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika materi operasi hitungan bilangan bulat di kelas IV SDN 004 Peso Hilir dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Classroom Action Research (CAR) aims to improve the outcomes of learning mathematics in the material count integer operations by using the method demonstration on fourth grade students of SDN 004 Peso downstream. Classroom Action Research (CAR) was conducted in two cycles, which consisted of four meetings and each cycle has four phases: planning, action, observation sheets and reflection. Data collection instruments used were observation sheets and student activity sheets teacher observation activity at each meeting and achievement test at the end of each cycle to determine the level of students’ progress. Average students learning activities in the first cycle to the second cycle has increased, in the first cycle of student learning activities76.88 and 87.50 on the second cycle be increased by 10.62. As for the completeness of student learning outcomes in the first cycle to the second cycle is also increased in the first cycle of completeness only 50% while the second cycle increased 90%, an increase of 40%. Conclusion Classroom Action Research (CAR) is using method demonstration in mathematics learning materials count integer operations in the fourth grade SDN 004 Peso Downstream can improve student learning.