
Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Dengan Menggunakan Metode Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SD 010 Malinau Kota
Pengarang : Yarni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Hasil belajar peserta didik kelas IV SD 010 Malinau Kota kabubaten Malinau, mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran IPA tentang peduli terhadap Makhluk Hidup masih rendah, hal tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa pada konsep-konsep yang ada, kurangnya antusias siswa untuk mempelajari pelajaran, siswa nampak jenuh, pembelajaran bersipat pasip sehingga apabila guru tidak dapat mengatasi masalah akan mengganggu pembelajaran yang sedang berlangsung.
Sebagai upaya untuk perbaikan pada permasalahan tersebut. Maka dilakukan penelitian tindakan kelas, PTK dilakukan melalui perencanaan, evaluasi pembelajaran. Selain itu, melalui PTK dapat dilakukan penilaian kinerja guru dan kegiatan aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu: pedoman observasi pelaksanaan (kinerja guru dan aktivitas siswa).
Tes hasil belajar, pedoman wawancara untuk guru dan siswa, serta catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penerapan model kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran IPA peduli terhadap makhluk Hidup memberikan hasil yang positif dengan adanya peningkatan kemampuan atau pemahaman siswa. Hal tersebut didasarkan pada hasil yang ada diperoleh dalam dua siklus pelaksanaan tindakan. Berikut hasil kinerja guru, aktivitas belajar siswa. Ketercapaian ketuntasan siswa pada siklus I rata-rata 32% dan pada siklus II rata-rata 86,37%.
Ini berarti ada peningkatan 54,37%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif Tipe NHT pada siswa kelas IV SDN 010 Malinau Kota tahun pelajaran 2014/2015.
Tidak Tersedia Deskripsi