Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri 016 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri 016 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri 016 Tanjung Selor

Pengarang : Woro Gustiyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SDN 016 Tanjung Selor ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) penguasaan materi yang kurang oleh siswa, (2) nilai atau hasil belajar siswa cenderung rendah, (3) metode pembelajaran guru mengajar yang digunakan kurang bervariasi atau secara umum masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab, (4) media pembelajaran yang masih bersifat tradisional, (5) proses pembelajaran menekankan pada tuntutan pencapaian kurikulum.
Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 23 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket dan post test pada setiap akhir siklus. Analisa data diperoleh dari skor perkembangan individu, pengukuran hasil belajar kelompok, tingkat penghargaan kelompok. Dengan indikator keberhasilan telah mencapai nilai 60 atau lebih tuntas secara individual.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tanggal 17 Februari – 17 April Tahun 2014 dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SDN 016 Tanjung Selor. Hal ini dapat dilihat dengan nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus satu 55,43 dan siklus kedua 72,17. Siswa memberikan respon yang baik dalam pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe jigsaw.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika adalah melalui metode Jigsaw.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Materi Operasi Hitung Pecahan

Based on observation at fifth grade students of SDN 016 Tanjung Selor finding same problems, were (1) procurement of materials that is less by students, (2) score or the students learning outcomes is lour, (3) teacher learning teaching methods used are generally less variable or still using learning method lecture and question and answer, (4) media that is still traditional, (5) the learning process emphasizes the achievement of curriculum guidance. This research is classroom action research (CAR) with 23 students. Collection of the data obtained from the observation, questionnaire and posttest on each end of the cycle. Analysis of data obtained from scores of individual developments, the measurement results of the study group, the level of the group award. With indicators of success has reached value 60 or more complete individually. Based on the results of the research had conducted on February 17 to 17 April in 2014 show that there is increase learning achievement of fifth grade students of SDN 016 Tanjung Selor. It can be seen with mean score which achieved by students on cycle one 55.43 and the second cycle 72.17. Thus, one of the efforts can be done to improve the results of learning mathematics is through the jigsaw method. Keywords: The Result of Study, Cooperative Model Using Jigsaw, Math Materials Fractional Arithmetic

Detail Informasi