Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 009 Tanjung Palas Tengah Tahun Pembelajaran 2014-2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 009 Tanjung Palas Tengah Tahun Pembelajaran 2014-2015

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 009 Tanjung Palas Tengah Tahun Pembelajaran 2014-2015

Pengarang : Titi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan menggunakan pendekatan ilmiah di kelas IV SD Negeri 009 Tanjung Palas Tengah tahun pembelajaran 2014-2015.
Jenis disain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), disain ini terdiri dari empat langkah prosedur penelitian, yaitu, perencanaa, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian sebagai alat untuk mengumpulkan data penelitian, yaitu lembar observasi guru dan siswa dan lembar kerja siswa atau tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini di tunjukan berdasarkan hasil temuan penelitian bahwa pada siklus pertama dalam penelitian ini adalah 69,4% meningkat menjadi 77,2% pada siklus kedua.
Berdasarkan hasil temuan di atas hai ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan Ilmiah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SD Negeri 009 Tanjung Palas Tengah Tahun Pembelajaran 2014-2015.

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Pendekatan Ilmiah

The research aim was to improve students’ achievement on theme “indahnya Kebersamaan” though scientific approach at fourth grade students of SDN 009 Tanjung Palas academic year 2014-2015. The research design in this research was Class Action Research, it consisted of two cycles. The first cycle and the second cycle had four steps, namely Planning, Implementing, Observing, and Reflecting. This research instruments were test and observation sheet. The research result showed that students were able to improve their competences for all aspects. The data showed that the first cycle to the second cycle has significant improvement. The result for first cycle showed 55.6% increases 77,8% in the second cycle. Based on the data finding above, it can be concluded that scientific approach can students’ achievement on theme “Indahnya Kebersamaan” at fourth grade students of SDN 009 Tanjung Palas academic year 2014-2015. Keywords: Thematic Learning, Scientific Approach, Theme “Indahnya Kerbersamaan”

Detail Informasi