
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas IV SDN 006 Peso
Pengarang : Tabita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) di kelas IV SDN 006 Peso. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 18,80. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 60% meningkat menjadi 80% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada materi pecahan di kelas IV SDN 006 Peso dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Classroom Action Research (CAR) aims to increase the result of study in Learning Mathematic of Fraction Material through Cooperative Learning Type of Numbered Heads Together (NHT) in class IV of SDN 006 Peso. This Classroom Action Research (CAR) by using 2 cycles, each cycle consist of 4 stages they are planning, implementing, observing, and reflecting. Technique of collecting that used consist of 3 stages they are preparing, implementing, and reporting. Instrument of collecting data that used is the result test, observation sheet for the students’ activities, and observation sheet for the teachers in leraning management. The average of study result for psychometric aspect to all aspects in students’ result of the first cycle to the second cycle reached 18,80. Meanwhile, the average of study result for cognitive aspect was also increased from first cycle to the second cycle. So the percentage of learning achievement classically in first cycle reached 60% increased to 80% in second cycle. The conclusion of this Classroom Action Research (CAR) is applied Cooperative Learning Model with Type of Numbered Heads Together(NHT) in class IV of SDN 006 Peso could improve result of study of students. Keywords: Result of Study, Mathematic, Cooperative Learning Type of Numbered Heads Together (NHT)