
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Tema Keperluan Sehari–Hari Melalui Pendekatan Tematik Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SDN 009 Peso
Pengarang : Surang Ala - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan tematik dapat meningkatkan hasil belajat matematika materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas III SDN 009 Peso. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, lembar pengamatan, dan refleksi.
Intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi sikap afejtif siswa, lembar observasi psikomotorik siswa dan lembar pengamatan keaktifan pembelajaran.
Hasil belajar aspek kognitf yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai ketuntasan yaitu sebesar 60% dari 10 siswa. Sedangkan siklus II meningkat menjadi 90% dari 10 siswa. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan pendekatan tematik pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas III SDN 009.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demontrasi
The purpose of this research was to improve student’s learning achievement on mathematic at grade III SDN 009 Peso through Demonstration Learning Model. Each cycle consists of four phases or stages that was planning. Acting implementing, observing, reflecting. The instruments used to collect data were achievement test and observation sheets for teacher and students. The learning achievement of students in cycle on achieved the indicator of success 60% from the 10 students whereas in cycle two students learning achievements increased to 90% the 10 students. Based on the data analysis technique, it could he concluded that the use of Demonstration learning model can improve student’s learning achievement on mathematic at grade III at SDN 009 Peso. It was proved by the scores of students which fulfill the indicator of success and the criteria of minimum competence. Keywords: Demonstration Learning Model, Learning Achievement