
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di SDN 004 Tanjung Palas
Pengarang : Supinah S. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA materi Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus, siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam dua kali tatap muka. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 004 Tg.Palas tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 19 orang terdiri atas 10 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Dalam penelitian ini tehnik pengumpulan data dilakukan melalui tehnik tes tertulis dan non tes (lembar observasi guru). Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif (sederhana) yaitu teknik persentase dan dihubungkan dengan standar atau kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria yang dijadikan tolok ukur keberhasilan tindakan adalah pencapaian ketuntasan belajar dikelas dengan jumlah siswa yang hadir 75% dari jumlah siswa, dengan nilai KKM 65 sesuai isi indikator kompetensi yang ditetapkan.
Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 004 Tg.Palas Mata Pelajaran IPA meteri Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan semester I tahun pembelajaran 2014/2015. Untuk keaktifan siswa saat mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran terjadi peningkatan yang semula pada akhir siklus I hanya 9 orang siswa yang terlihat aktif atau 47 %, ternyata pada akhir siklus II jumlah siswa yang aktif meningkat menjadi 16 orang atau 84 %. Kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan semula pada akhir siklus I hanya 8 siswa atau 42% dan pada siklus II meningkat menjadi 13 orang siswa atau 63 %. Siswa hadir untuk tetap semangat sebanyak 19 orang siswa tetap sama baik pada siklus I maupun pada siklus II yaitu 100 %. Aktif memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru pada akhir siklus I sebanyak 15 siswa atau 78% dan pada akhir siklus II menjadi 19 siswa atau 100%. Aktif memberikan komentar terhadap tampilan gambar yang digunakan dalam proses pembelajaran pada akhir siklus I sebanyak 7 siswa atau 37% dan pada siklus II sebanyak 15 siswa atau 79%.
Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata perolehan siswa sebesar 64,47 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 37%, dan pada siklus II terjadi peningkatan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 81,05 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 84%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada meteri Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan dengan mengunakan pendekatan Scientific pada siswa kelas IV SD Negeri 004 Tg.Palas tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Hasil belajar, Pendekatan Scientific
The purpose of this research was to improve the fourth-grade students’ learning outcomes on science about plant structure and function. This research design was classroom action research with two cycles, the first cycle and the second cycle consisted of two meetings. The subjects were the fourth-grade students of SDN Tanjung Palas academic year 2014/2015, with 19 students consisting of 10 male and 9 female students. The techniques of data collection were done using written test and non-test. The research data were analyzed using descriptive statistics that was percentage technique and associated with the criteria established. The criteria of success were the achievement of classical learning completeness of 75% of students with the minimum passing score 65 based on the indicators of competency. The result of the research was for student activity on asking questions during the learning process initially increased from only 9 students who were active or 47% at the end of the first cycle. then it changed into 16 students or 84% at the second cycle. The students’ who could answer teacher’s questions orally were only 8 students or 42% at the first cycle and then increased to 13 students or 63% in the second cycle. The students’ presence was 19 students or 100% for both cycles. There were 15 students or 78% being active on proving their attention to the teacher’s explanation in the first cycle and it increased to 19 students or 100% in the second cycle. Then. There were only 7 students or 37% being active on giving comments on the display of the images used in the learning process in the first cycle and it increased to 15 students or 79% in the second cycle. The average score of student learning outcomes increased for in the first cycle the average score was 64.47 with the percentage of students passing grade of 37%. and in the second cycle the average score of students learning process in changed into 81.05 with learning completeness percentage 84%. The result of this research shows the improvement of the fourth-grade students’ learning outcomes on science about plant structure and function using. Keywords: Learning Outcomes. Scientific Approach