Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kesehatan Menggunakan Pendekatan Tematik Dengan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas II SDN 009 Sekatak | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kesehatan Menggunakan Pendekatan Tematik Dengan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas II SDN 009 Sekatak

Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kesehatan Menggunakan Pendekatan Tematik Dengan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas II SDN 009 Sekatak

Pengarang : Sukasih Eko Utomo - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tema kesehatan menggunakan pendekatan tematik dengan metode role playing pada siswa kelas II SDN 009 Sekatak.
Dalam pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan tes lisan pada setiap akhir siklus. Bentuk tes berupa lisan dan bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah kelas II SDN 009 Sekatak dengan jumlah siswa 18 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar tema kesehatan dengan metode role playing pada materi menyampaikan pesan pendek dan membaca nyaring. Hasil belajar siswa secara klasikal meningkat dari 33% pada akhir siklus I menjadi 67% pada akhir siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Role Playing

The purpose of this research was to improve achievement health theme thematic approach of role-playing method at 2nd grade of SDN 009 Sekatak. The research design of this research used Classroom Action Research (CAR) with two cycles. Data collection obtained by observation result and test at the end of every cycle. Test from was verbal and an individual. The questions fitted with the special instructional purpose which has been designed. The subjects of the research were 18 students of the2th grade SDN 009 Sekatak. The researcher used qualitative (student’ test score) as the analysis technique. The result of analysis showed that Health Thema Thematic Approach of Role-Playing Method at 2nd Grade of SDN 009 Sekatak. The mean of the student result improv from 33% in cycle I into 67% in cycle II. The improvement showed that students’ achievement was good. Keywords: Achievement, Method of Role Playing

Detail Informasi