
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Pesawat Sederhana Melalui Pendekatan Scientific Kelas V SD Negeri 007 Tanjung Palas Tengah
Pengarang : Sukardi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ipatentang pesawat sederhana melalui pendekatan scientific kelas V SD Negeri 007 Tanjung Palas Tengah.
Dalam pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan tes tertulis pada setiap akhir pertemuan. Bentuk tes tertulis bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 007 Tanjung Palas Tengah dengan jumlah siswa 47 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Pendekatan Scientific pada materi pesawat sederhana. Dengan hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 57% pada akhir siklus I menjadi 79% pada akhir siklus II dari jumlah siswa 47 orang. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik. Sedangkan hasil analisis penelitian melalui observasi guru dan siswa menunjukkan peningkatan dari 65% dan 57% dengan kategori baik pada akhir siklus I, meningkat menjadi 87% dan 79% dengan kategori sangat baik pada akhir siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Scientific
Tidak Tersedia Deskripsi