
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sumber Daya Alam Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Alat Peraga Di Kelas IV SDN 004 Tanjung Palas Tengah
Pengarang : Sudarmuji - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SDN No. 004 Tanjung Palas Tengah, bahwa pelaksanaan pembelajara yang digunakan adalah dengan pendekatan konvensional (ceramah), tanpa alat peraga, penilaian hanya ranah kognitif, tempat belajar di ruang kelas dan terpaku pada buku sebagai sumber belajar. Hal ini menyebabkan motivasi belajar siswa rendah, sehingga prestasi belajarnya juga rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang dipakai, dalam hal ini peneliti menerapkan Pendekatan Scientific berbantuan alat peraga yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN No. 004 Tanjung Palas Tengah. Proses pembelajaran yang mengimplementasikan pendekatan Scientific akan menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor). Langkahlangkah pendekatan Scientific (Pendekatan ilmiah) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian 8 siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, hasil belajar siswa yang meliputi penilaian sikap pada siklus I yaitu 62,5% dengan kriteria mulai berkembang dan pada siklus II 37,5% dengan kriteria sudah membudaya dan 50% dengan kriteria mulai berkembang, penilain keterampilan siswa pada siklus I yaitu 75% dengan kriteria baik dan pada siklus II 100% dengan kriteria baik, dan pada penilaian hasil tes belajar siswa pada siklus I yaitu 62,5% dan siklus II 75%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Scientific berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN No. 004 Tanjung Palas Tengah.
Kata Kunci: Pendekatan Scientific Berbantuan Alat Peraga, Sumber Daya Alam, SDN 004 Tanjung Palas Tengah
Based on observations made in SDN No. 004 Tanjung Palas Tengah, that implementation learning used is the conventional approach (lectures), with no props, just the cognitive assessment, a place to learn in the classroom and glued to the book as a source of learning. This causes low student motivation, so that academic achievement is also low. Therefore, it is necessary to amend the learning methods used, in this case applied the Scientific Approach assisted props that aims to improve the learning outcomes of fourth grade students at SDN No. 004 Tanjung Palas Tengah. The learning process that implements the Scientific approach will touch the three domains, namely: attitude (affective), knowledge (cognitive), and skills (psychomotor). Steps Scientific approach (scientific approach) in study referred to include observing, ask, reasoning, try, establishing networks for all subjects. This study uses a class action (PTK) are performed in 2 cycles. Subjects in the study 8 students. Based on research that has been conducted, the results of which include the assessment of student learning attitude in the first cycle is 62.5% with the criteria of the developed and the second cycle with 37.5% criteria entrenched and 50% criteria developed, assessment skills of students in the first cycle of 75 % with good criterion and the second cycle of 100% with good criteria, and the assessment of student learning test results on the first cycle is 62.5% and the second cycle 75%. Based on this study it can be concluded that the application of the Scientific Approach aided learning tools can improve student learning outcomes in natural resource material in class IV SDN No. 004 Tanjung Palas Tengah. Keywords: Scientific Approach Aided Learning Device, Natural Resources, SDN 004 Tanjung Palas Tengah