
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Realia Di Kelas I SDN 004 Bunyu
Pengarang : Sri Suyati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tematik siswa dengan penerapan model pembelajaran tematik di kelas I SDN 004 Bunyu. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas I SDN 004 Bunyu yang berjumlah 11 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasilpengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar mata pelajaran IPA siklus I memiliki Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 55% yakni 6 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Sedangkan pada Siklus II, Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 82 % yakni 9 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal, Mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I memiliki Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 64% yakni 7 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Sedangkan pada Siklus II, Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 100% yakni 11 siswa yang tuntas dan tidak ada siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal, Mata pelajaran Matematika siklus I memiliki Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 45% yakni 5 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Sedangkan pada Siklus II, Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 91% yakni 10 siswa yang tuntas dan 1 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan media realia pada pembelajaran tematik di kelas I SDN 004 Bunyu dapat meningkatkan hasil belajar pada tema diri sendiri.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Tematik, Diri Sendiri
The aim of this research is to know the increase of the student thematic result study by using thematic learning model to grade I students SDN 004 Bunyu. The subject of this classroom research is the v. the classroom research is done in 2 cycles. Each of them consists of 4 phases, they are planning, the act implementation, observation, and reflection. The data gathering techniques used are test and observation. The result study of science in cycle 1 has the exhaustiveness to 55% where there are 6 students are accomplished and 5 students do not reach the minimum exhaustiveness score. While in cycle II the classical exhaustiveness learning reach 82% where there are 9 students are accomplished and 2 students that is not reach the minimum exhaustiveness score, Bahasa Indonesia cycle 1 has the classical exhaustiveness learning student 64% where 7 students are accomplished and 4 students that do not reach the minimum exhaustiveness score. In cycle II the classical exhaustiveness learning student reach 100% where 11 students are accomplished and not reach minimum exhaustiveness score. Cycle 1 in math the classical exhaustiveness learning is 45% where 5 students have the classical exhaustiveness learning and 6 students do not reach the minimum exhaustiveness score. While in cycle II classical exhaustiveness learning student reach 91% where 10 students are accomplished, and 1 student do not reach minimum exhaustiveness score. The conclusion of this classroom research is the research by using in thematic learning to student grade I SDN 004 Bunyu increases the result study in lesson self-theme. Keywords: Result Study, Thematic, Self-Theme