Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV C SDN 001 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV C SDN 001 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV C SDN 001 Tanjung Selor

Pengarang : Siti Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV.C pada mata pelajaran IPA di SDN 001 Tanjung Selor Menggunakan Pendekatan Scientific Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dan tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes pilihan ganda dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan indikator yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV.C SDN 001Tanjung Selor. Kretaria yang dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan adalah pencapaian ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%siswa yang tuntas KKM yaitu 70.
Hasil analisis penelitian menujukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV.c SDN 001 Tanjung Selor dalam mata pelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Scientific. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa pada siklus I yang dicapai siswa yaitu dari 70 % yang tuntas sesuai KKM yang ditentukan yaitu 70. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 86,6% yang tuntas KKM yaitu 70.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA adalah menggunakan Pendekatan Scientific.

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Hasil Belajar, Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan

The purpose of this study was to improve the science learning outcomes using scientific approach at the IV.C grade of SDN 001 Tanjung Selor. The data were obtained from the results of observation and testing at the end of each cycle. The form of test was multiple choice and personal. The researcher made the question items which were appropriate with the formulated indicators. Results of the analysis showed that there was an increase in students’ learning outcomes at IV. C grade of SDN 001 Tanjung Selor. The criteria of success were the achievement of classical learning completeness of 80% of students with the score 70. Results of the analysis showed that there was an improvement in students’ learning outcomes of science using scientific approach at IV.C grade of SDN 001 Tanjung Selor. It can be seen from the students’ score achieved in the first cycle was 70 with the learning completeness reaching 70%. In the second cycle the learning completeness reached 86.6% of students. Thus, one of the efforts to improve students’ learning outcomes in science teaching is using scientific approach. Keywords: Scientific Approach, Learning Outcomes, Environmental Change and its Influence on the Land

Detail Informasi