Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Materi Pengaruh Globalisasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Siswa Kelas IV SDN 008 Malinau Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Materi Pengaruh Globalisasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Siswa Kelas IV SDN 008 Malinau Utara

Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Materi Pengaruh Globalisasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Siswa Kelas IV SDN 008 Malinau Utara

Pengarang : Sisiel Lete - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Di SD Negeri 008 Malinau Utara proses pembelajaran PKn masih didominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa dalam kelas masih kurang. Hal ini berpengaruh pada rendahnya nilai rata-rata siswa. Untuk mengatasinya, hal yang harus dilakukan dengan menggunakan medel Pembelajaran yang cocok agar siswa dapat berpikir kritis, logis, dan dapat memecahkan masalah dengan sikap terbuka, kreatif, dan inovatif salah satunya adalah Model pembelajaran kooperatit tipe Examples Non Examples.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Materi Pengaruh Globalisasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Siswa Kelas IV SDN 008 Malinau Utara . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: Hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 29 Oktober sampai dengan 26 November 2014 dengan 4 kali pertemuan pembelajaran dan 2 kali pelaksanaan tes hasil belajar dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 008 Malinau Utara yang berjumlah 19 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus I diperoleh rata-rata Hasil belajar siswa sebesar 68 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 57,9%. Pada siklus II diperoleh rata-rata Hasil belajar siswa sebesar 85,26, dan persentase ketuntasan belajar sebesar 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa PKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples pada siswa kelas IV SDN 008 Malinau Utara tahun pelajaran 2014/2015.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi