Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Di SDN 011 Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Di SDN 011 Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Di SDN 011 Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan

Pengarang : Sarifatul Istifaniyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Materi Kelipatan dan Faktor dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning pada siswa Kelas IV SDN 011 Tanjung Palas Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 011 Tanjung Palas Utara dengan jumlah siswa 10 orang.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa yang berbentuk isian dan pilihan ganda, lembar pengamatan sikap siswa,dan lembar pengamatan aktivitas guru, dalam proses pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar Matematika yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan presentase ketuntasan 40%, dan rata-rata nilai sikap mencapai 70,7. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan 60%, rata-rata nilai sikap 73,7dan pada siklus II, persentase ketuntasan 90% dan rata-rata nilai sikap 77,4.
Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajarMatematika pada siswa kelas IV SDN 011 Tanjung Palas Utara.

The research is aimed to improving the result of mathematic learning of the fourth students with material of “Kelipatan dan Factor” by using the model of project-based learning of the fourth-grade students of SDN 011 Tanjung Palas Utara. The type of the research is classroom action research in two cycles, and each cycle compose at planning, executing, observing and reflection. The subject of research is ten students of the fourth-grade students of SDN 011 Tanjung Pala Utaras. Data collection used test of the result of mathematic learning in essay and choosing the suitable answers, using observation paper of teacher's activities and students' activities in learning process. In analyzing technique, there is improvement in result of student’s learning. The improvement can be seen in the result of cycles. Before using learning model, only 40% students passed from kkm 65, and the average of attitude value got 64. After using learning model at the first cycle the classical’s completing got 60% and the second cycle the classical’s completing got 90%. The average of attitude value at the fisrt cycle got 73,8 and 77,4 at the second cycle. We can conclude that using the model of project-based learning can improving mathematic learning in material of “kelipatan dan faktor” of the fourth-grade students of SDN 011 Tanjung Palas Utara.

Detail Informasi