
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Ekosistem Menggunakan Pendekatan Scientific Siswa Kelas IV SDN 005 Malinau Kota
Pengarang : Sapri Jamal - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Ekosistem menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas IV SDN 005 Malinau Kota.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 005 Malinau Kota yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan pada tahun pembelajaran 2014/2015. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 51,5% dari kriteria ketuntasan minimum (65). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 60,6% sampai 72,73% masing-masing siklus.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan scientific dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 005 Malinau Kota.
The objective of this research was to improve the students’ nature science learning achievement at class IV of SDN 005 Malinau City through scientific approach strategy on surrounding ecosystem. This research employed Classroom Action Research (CAR) which was carried out in 2 (two) cycles in which each cycle consisted of planning, implementing the action, observation, and analysis and reflection. The subject of this research was the students of class IV of SDN 005 Malinau City which consisted of 33 students who consist of 15 male students and 18 female students at 2014/2015 school year. The data were obtained by using the observation sheet for teacher’s activity, the observation sheet for students’ activity, and achievement test in a form of multiple choice. The result of the research showed that there was an improvement on students’ learning achievement. This could be seen from the results of each cycle. The prior learning mastery classically reached only 51,5% from the minimum passing grade (65), but after implementing the action of cycle I and II the learning achievement gradually improved from 60,6% to 72,73%. It could be drawn a conclusion that the use of scientific approach strategy could improve the students’ nature science learning achievement at class IV SDN 005 Malinau City.