Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Strategi Resitasi Di Kelas III SDN 004 Peso Kabupaten Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Strategi Resitasi Di Kelas III SDN 004 Peso Kabupaten Bulungan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Strategi Resitasi Di Kelas III SDN 004 Peso Kabupaten Bulungan

Pengarang : Samson N. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana menggunakan strategi resitasi di kelas III SDN 004 Peso.
Penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah – masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata 61 dan pada siklus II sebesar 91. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 90 % sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas III SDN 004 Peso meningkatkan dalam menulis karangan sederhana menggunakan strategi resitasi.

Kata Kunci: Strategi Resitasi, Hasil Belajar Siswa

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ writing achievement on simple essay through recitation strategies at third grade students of SD Negeri 004 Long Peso Kabupaten Bulungan. The research was done also to improve the teaching and learning quality. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and cognitive test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 61 and the second cycle was 91 and its classical percentage was 90%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using recitation strategies. By understanding the result of this study, it can be concluded that recitation strategies can improve the student's achievement on writing skill at third grade students of SD Negeri 004 Long Peso Kabupaten Bulungan.

Detail Informasi