
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Bagi Siswa Kelas V SD 004 Peso Hilir
Pengarang : Salo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, pada siswa kelas V SDN 004 Peso Hilir ditemukan adanya permasalahan, yaitu 1) Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, 2) Siswa tidak bertanya walaupun siswa tersebut belum memahami materi pelajaran, 3) Hasil belajar siswa yang masih kurang, 4) Saat diberikan tugas seting tidak mengerjakannya.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 004 Peso Hilir pada semester II tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 004 Peso Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA aspek kognitif, psikomotorik dan afektif siswa pada materi Sifat-sifat Cahaya menggunakan model Contextual Teaching and Learning di kelas V SDN 004 Peso Hilir. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa, lembar penilaian aspek psikomotorik, lembar penelitian aspek afektif, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus dan pertemuan, pada siklus I pertemuan pertama 6.8, pertemuan kedua 7,08 dan sikus kedua pertemuan pertama7,5, dan pertemuan kedua 8,13. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Sifat-sifat Cahaya siswa kelas V SDN 004 Peso Hilir.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, Sifat-Sifat Cahaya
Based on the results of observations, the fifth grade students of SDN 004 Peso Downstream found any problems, namely 1) students' lack of attention to the teacher's explanation, 2) students are not asked yet, although the students understand the subject matter, 3) student learning outcomes are still lacking, 4) when often not given the task of doing it. The type of research that is used by researchers is Classroom Action Research (CAR) CONDUCTED IN SDN 004 Peso Downstream in the second semester of the school year 2013/2014, the research subjects were 004 fifth grade students of SDN Peso Hilir. This research aims to improve science learning outcomes aspects cognitive, psychomotor, and affective students' behavior on the material properties of light using a model Contextual Teaching and Learning in the classroom SDN 004 Peso downstream. research conducted in two cycles where each cycle consists of 2 meetings. research instrument to obtain data on student develops is the observation of student behavior, the research aspects of psychomotor, affective aspects of the study sheets, and test learn. the results showed that an increase in student learning outcomes. this can be seen from the results obtained in each cycle and the meeting, the first meeting of the first cycle of 6.8, the second meeting of the second cycle of 7.08 and 7.5 the first meeting, and the meeting of two 8.13. it can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. Based on the results of the study concluded that by implementing the use of Teaching and Learning Contextual models can improve learning outcomes in the material science of Light Properties 004 fifth grade students of SDN Peso downstream. Keywords: Learning Outcomes, Contextual Teaching and Learning, Qualities of Light