Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas III SDN 007 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas III SDN 007 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas III SDN 007 Tanjung Palas

Pengarang : Rukiyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran tematik berbantuan media gambar di kelas III SDN 007 Tanjung Palas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata aktivitas siswa untuk semua aspek yang diperoleh pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 11,00. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I 66,5 meningkat di siklus II menjadi 73,25. Maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 60% meningkat menjadi 80% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran tematik dengan berbantuan media gambar pada tema lingkungan di kelas III SDN 007 Tanjung Palas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tematik, Media Gambar

The research aim was to improve students’ achievement on environment through thematic model with pictures at third grade student of SD Negeri 007 TanjungPalas. The research design in this research was Class Action Research or PTK, it consisted two cycles. The firs cycle had four steps, namely Planning, Impementing, Observing, and Reflecting. This research instruments were test and observation sheet. The research result showed that students were able to improve their competences for all aspects. The data showed that the first cycle to the second cycle has significant improving to be 11.00%. meanwhile, cognitive aspect, the average score showed from the first cycle 66.5% to the second cycle 73.25%. Based on the data finding above, it can be concluded that the improving percentage for all students’ achievement was 60% to 80% and It can be revealed that Thematic Model with pictures has a best influenced toward the students’ achievement. Keywords: Thematic Teaching Model, Environment

Detail Informasi