Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Menghargai Sebuah Keputusan Bersama Melalui Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa Kelas V SDN 009 Peso | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Menghargai Sebuah Keputusan Bersama Melalui Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa Kelas V SDN 009 Peso

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Menghargai Sebuah Keputusan Bersama Melalui Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa Kelas V SDN 009 Peso

Pengarang : Resendra Ngau - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi menghargai sebuah keputusan bersama melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SDN 009 Peso.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari dari 4 tahapan perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa dan lembar pengamatan guru.
Hasil belajar aspek kognitif yang diperoleh siswa siklus I mencapai ketuntasan yaitu sebesar 60% dari 10 siswa sedangkan siklus II meningkat menjadi 90% dari 10 siswa. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN 009 Peso dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Target of this research to know applying of model study of contextual can improve result learn PKn items esteem a decision with passing approach of contextual at class student of V SDN 009 Peso. Research of this action class is executed in 2 cycle which consist of from 4 step of planning, execution perception, and reflex. Instrument data collecting the used is test result of learning, sheet perception of student activity and sheet perception of teacher. Result learns cognate aspect which obtained by cycle student of I complete tired that is equal to 60% from 10 student while cycle of II mount to become 90% from 10 student. Conclusion of research of action class this PTK is usage of model study of contextual at study of PPKn at class student 5 at elementary school 009 Peso can improve result learn student.

Detail Informasi